Apa saja penyebab hipertensi atau darah tinggi

16 September 2019 - Kategori Blog

PENYEBAB HIPERTENSI

1.  Usia.

Seiring bertambahnya usia, tekanan darah pun akan meningkat secara alami. Terlebih jika masih membiasakan pola makan yang buruk dengan banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh atau kolesterol, merokok dan mengonsumsi minuman keras. Jadi terapkanlah gaya hidup sehat sejak dini, agar kedepannya seiring dengan bertambahnya usia, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Stress.

Stress akan meningkatkan produksi hormon kortisol dan adrenalin, yang keduanya dapat meningkatkan kerja jantung. Jika terjadi terus menerus maka jantung pun akan mengalami gangguan dan memicu terjadinya peningkatan tekanan darah.

3. Obesitas.

​Kelebihan berat badan atau obesitas sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berat badan yang berlebih akan meningkatkan volume darah untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak, yang secara otomatis akan menaikkan tekanan darah.

​4. Merokok.

​Tahukah Anda bahwa merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan melukai dinding arteri sekaligus mempercepat proses pengerasannya. Bukan rahasia lagi, begitu banyak racun yang terkandung pada sebatang rokok dan efeknya bukan hanya untuk si perokok itu sendiri, orang lain pun bisa terkena imbasnya. Oleh karena itu, berhentilah merokok demi mencegah terjadinya hipertensi dan berbagai penyakit lainnya.

5. Kurang aktivitas fisik dan olahraga.

Faktor penyebab hipertensi yang kelima adalah kurang aktivitas tubuh. Hal ini akan mengakibatkan meningkatnya denyut jantung, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kurang beraktivitas dan olahraga juga dapat mengakibatkan peningkatan berat badan, yang merupakan faktor risiko hipertensi.

6. Keturunan.

Faktor penyebab hipertensi yang kedua adalah keturunan. Hipertensi memang rentan terjadi pada orang dari keluarga yang memiliki riwayat

LALU, BAGAIMANA SOLUSI MENGATASI HIPERTENSI?

 

, , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp